• Tuesday, January 9, 2024

     Dalam kimiacampuran adalah sebuah zat yang dibuat dengan menggabungkan dua zat atau lebih yang berbeda tanpa reaksi kimia yang terjadi (objek tidak menempel satu sama lain).

    Sementara tak ada perubahan fisik dalam suatu campuran, properti kimia suatu campuran dapat menyimpang dari komponennya seperti titik lelehnya. Campuran dapat dipisahkan menjadi komponen aslinya secara mekanis. Campuran dapat bersifat homogen atau heterogen.

    Campuran adalah hasil pencampuran mekanis atau pencampuran zat kimia seperti elemen dan senyawa, tanpa penyatuan kimia atau perubahan kimia lainnya, sehingga masing-masing zat mempertahankan properti dan karakteristik kimianya.

    Zat campuran memiliki sifat-sifat di antaranya:

    • Terdiri dari dua jenis zat tunggal atau lebih
    • Perbandingan komponen penyusun tidak tetap
    • Masih mempunyai sifat zat asal. Sifat larutan merupakan rata-rata dari sifat komponennya
    • Dapat dipisahkan menjadi komponennya melalui cara-cara fisis seperti penyaringan dan penyulingan
    Terdapat dua jenis zat campuran berdasarkan sifatnya, yaitu homogen dan hetergone. Berikut uraiannya: 
    1. Campuran homogen
    Campuran homogen diartikan sebagai bentuk percampuran antara dua zat atau lebih yang tidak bisa dibedakan lagi materi penyusunnya masing-masing. S
    ecara umum campuran homogen disebut juga sebagai larutan, karena masing-masing zatnya saling menyatu atau saling larut hingga tampak membentuk tampilan baru. Contohnya minuman teh manis,dan udara.
    2. Campuran heterogen
    Campuran heterogen adalah bentuk pencampuran di mana zat-zat penyusunnya masih bisa dibedakan satu sama lain. Campuran jenis ini biasa disebut dengan campuran kasar, sebab hasil akhirnya tidak menyatu atau tidak saling melarutkan dan masih bisa dibedakan. Contoh dari campuran heterogen adalah campuran air dengan pasir, air dengan bubuk kopi, air dengan tepung beras dan tepung terigu, ataupun santan.

    Sumber : https://www.liputan6.com/hot/read/5241664/campuran-adalah-gabungan-dua-jenis-zat-atau-lebih-yang-berbeda-simak-ulasannya
    https://id.m.wikipedia.org/wiki/Campuran
    https://www.google.com/amp/s/amp.kompas.com/skola/read/2022/10/22/120000969/zat-campuran--pengertian-sifat-dan-jenis-jenisnya


    Leave a Reply

    Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

  • - Copyright © Azka Ahmad Firoza - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -