• Tuesday, January 9, 2024

     Senyawa merupakan zat yang dibentuk oleh dua unsur atau lebih. Melalui reaksi kimia, senyawa dapat diuraikan menjadi unsur-unsur pembentuknya.

    Contoh senyawa yang sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari adalah air. Air merupakan gabungan dari unsur hidrogen (H) dan oksigen (O) dengan rumus kimianya, yaitu H20.Melalui reaksi kimia, air dapat diuraikan kembali menjadi hidrogen dan oksigen. Meskipun pada tekanan atmosfer, hidrogen dan oksigen sama-sama berwujud gas, tapi saat mereka bersatu dan saling mengikat, wujudnya dapat berubah menjadi cair.


    Pemberian nama suatu senyawa dengan cara menuliskan nama unsur logam terlebih dahulu, diikuti nama unsur non logam dan diakhiri -ida.


    Apabila senyawa terdiri atas unsur-unsur non logam, penamaan senyawa menggunakan awalan yang menyatakan jumlah atom unsur penyusun. Awalan yang digunakan adalah sebagai berikut:

    Jumlah unsur 1 : Mono

    Jumlah unsur 2 : Di

    Jumlah unsur 3 : Tri

    Jumlah unsur 4 : Tetra

    Jumlah unsur 5 : Penta

    Jumlah unsur 6 : Heksa

    Jumlah unsur 7 : Hepta

    Jumlah unsur 8 : Okta

    Jumlah unsur 9 : Nano

    Jumlah unsur 10 : Deka

    Contoh penamaan senyawa:

    - N2O3 (dinitrogen trioksida)

    - NaCl ( natrium klorida)

    - PCl5 (fosfor penta klorida)


    Berdasarkan asal pembentuknya, senyawa digolongkan menjadi dua jenis, yaitu senyawa organik dan senyawa anorganik. 

    1. Senyawa Organik

    Senyawa organik berasal dari makhluk hidup atau dari proses fotosintesis. Senyawa ini terdiri dari unsur karbon (C) sebagai rangkaian utamanya.

    Sifat senyawa organik tidak mudah larut air, namun akan larut jika dicampur dengan pelarut yang sifatnya organik juga. Selain itu, akibat unsur pembentuknya yang berupa karbon (C), senyawa organik cenderung akan mudah terbakar.

    2. Senyawa Anorganik

    Senyawa anorganik berasal dari sumber daya mineral yang terdapat di bumi. Senyawa ini memiliki titik didih atau titik leleh yang relatif tinggi dibandingkan dengan senyawa organik. Senyawa anorganik memiliki sifat mudah larut dalam air dan cenderung tidak mudah terbakar.

    Contoh Senyawa Organik dan Anorganik
    - Contoh senyawa organik: gula (C12H22011), alkohol (C2H3OH), dan urea (CO(NH2)2).

    - Contoh senyawa anorganik: air (H2O), garam (NaCl), karbondioksida (CO2), CaCo3 (Kalsium Karbonat), NaOH (Natrium Hidroksida), dan SiO2 (Silikon Dioksida).


    Sumber : https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-5876913/senyawa-pengertian-jenis-dan-contohnya
    https://id.wikipedia.org/wiki/Senyawa_kimia






    Leave a Reply

    Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

  • - Copyright © Azka Ahmad Firoza - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -